Posted by: Kurnia | April 19, 2009

Kesehatan Perempuan, Kesehatan Kita

Dikutip dari : http://sehatgroup.web.id/

Perempuan yang sehat akan menciptakan generasi yang sehat!

Percayakah anda akan pernyataan tersebut? Fungsi dan peran perempuan dalam kehidupan kita sangat penting. Sebagai ibu, pengasuh, istri,pemimpin, pekerja ataupun pekerja migran (TKI). Namun apakah perhatian terhadap kesehatan perempuan sudah optimal? Selama ini kesehatan perempuan seringkali terabaikan, kondisi sosial, ekonomi dan budaya seringkali menempatkan perempuan dalam posisi yang lemah dan rentan terkena gangguan kesehatan. Kesehatan ini meliputi kesehatan fisik dan mental. Gangguan terhadap salah satunya akan menimbulkan gangguan dalam hidup.

Badan kesehatan dunia (WHO) memberikan kolom tersendiri mengenai kesehatan perempuan mengingat pentingnya kesehatan perempuan. WHO menyatakan 10 fakta mengenai kesehatan perempuan. Merokok, infeksi HIV, kekerasan fisik atau seksual, pernikahan dan kehamilan usia dini, dan polusi udara di dalam ruangan merupakan bagian dari 10 fakta gangguan kesehatan yang banyak terjadi pada perempuan di dunia ini khususnya negara-negara berkembang.

Merokok merupakan masalah kesehatan yang sangat penting. Industri rokok menggempur kita melalui media, menghasilkan bayangan semu “citra” rokok. Haruskah kita goyah? Bahkan rokok menthol atau light lebih berbahaya!!!! Temukan dalam artikel Pertanyaan Tentang Merokok. Gangguan kesehatan dalam artikel Merokok dan Perempuan akan membuat kita berkata STOP ROKOK!!

Kekerasan terhadap perempuan tidak dapat dibenarkan. Tidak ada satupun alasan untuk tindakan tersebut. Kekerasan terhadap perempuan akan merusak perempuan baik fisik maupun mental. STOP KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN!! Temukan dalam artikel Apakah Kekerasan Domestik, Hak-hak Dasar Dalam Suatu Hubungan, Intimate Partner Violence.

Dengan kesulitan ekonomi yang semakin nyata, kita sudah kembali memasak dengan kayu bakar. Tahukah anda kayu bakar dapat menyebabkan kematian karena polusi asap di dalam ruangan? Dan sadarkah kita kalau perempuan dan anak merupakan pihak yang paling rentan? Bersiaplah terkejut pada artikel Polusi Udara.

Pernikahan usia dini ternyata merenggut masa kanak-kanak dan berisiko menimbulkan gangguan kesehatan terutama reproduksi. Risiko persalinan pada usia remaja dapat menimbulkan kematian. Sadarkah kita atau kita menganggap itu hal biasa? Bacalah Pernikahan Dini.

Permasalahan stress juga harus mendapat perhatian. Bila Depresi dianggap sebagai bagian normal menjadi perempuan itu SALAH!! Temukan dalam Depresi dan Pertanyaan tentang Depresi.

Ditambah artikel Mamografi, Anemia

Semakin nyata, kesehatan perempuan seringkali kita abaikan. Perempuan berada pada posisi rentan dan kesehatannya menjadi terabaikan akibat kompleksnya keadaan ekonomi, sosial dan kebudayaan yang ada di dunia ini. Mari kita satukan tangan kita untuk meningkatkan kesehatan perempuan. Percayalah, Perempuan yang sehat akan membangun generasi SEHAT!!

Untuk Ibu-ibu kita,pasangan-pasangan kita, anak-anak kita,saudara-saudara kita, teman-teman kita!!!
Perempuan Indonesia!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: