Posted by: Kurnia | April 19, 2009

Panduan WHO/UNAIDS/UNICEF mengenai Pemberian Nutrisi Bayi

Panduan WHO/UNAIDS/UNICEF mengenai pemberian nutrisi bayi dapat dirangkum :

  1. Untuk perempuan yang diketahui tidak terinfeksi HIV dan perempuan yang status infeksi HIV tidak diketahui, ASI eksklusif selama 6 bulan yang dilanjutkan dengan ASI bersama makanan tambahan sampai usia 2 tahun atau lebih harus didukung, dipromosikan dan dilindungi.
  2. Semua ibu yang terinfeksi HIV harus menerima konseling mengenai manfaat dan risiko dari beberapa pilihan pemberian nutrisi kepada bayi dan panduan untuk memilih pemberian nutrisi yang mana yang sesuai dengan keadaannya. Apapun keputusan ibu, dia harus didukung mengenai pilihannya.
  3. Saat nutrisi pengganti dapat diterima, mungkin didapat, dapat terbeli, ketersediaan terjaga dan aman, maka direkomendasikan agar ibu dengan HIV positif tidak menyusui anaknya, kecuali ASI eksklusif direkomendasikan selama bulan pertama bayi.
  4. Ibu dengan infeksi HIV yang menyususi harus didampingi untuk memastikan mereka menyusui dengan benar untuk mencegah mastitis, abses payudara dan luka di putting (nipple fissures), yang harus segera ditangani apabila muncul.
  5. Untuk meminimalkan penularan HIV, menyusui sebaiknya dihentikan secepatnya bila memungkinkan, dengan mempertimbangkan keadaan setempat, keadaan ibu dan risiko mengenai nutrisi pengganti (termasuk risiko infeksi selain HIV dan gizi buruk)
  6. Ibu dengan infeksi HIV yang menyusui harus disertakan panduan dan dukungan saat menghentikan menyusui untuk mencegah gangguan nutrisi dan psikologis dan untuk menjaga kesehatan payudara
  7. Saat ibu dengan infeksi HIV memilih untuk tidak menyusui dari lahir atau berhenti menyusui bayi dalam perjalanannya, mereka harus disediakan panduan dan dukungan paling tidak 2 tahun pertama usia bayi untuk menjamin kesesuaian nutrisi pengganti.
  8. Ibu dengan infeksi HIV harus mendapat kemudahan informsi, pelayanan control ke fasilitas kesehatan dan dukungan termasuk program keluarga berencana dan program gizi.

Referensi :

http://www.who.int/


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: