Posted by: Kurnia | April 20, 2009

Cara Tepat Menyusui Bayi Anda

(doc Corbis)

Yang paling ditakuti, adalah luka akibat menyusui. Puting yang luka pada masa menyusui biasanya disebabkan oleh praktek menyusui yang kurang tepat atau adanya perlukaan dan infeksi akibat gigi bayi. Keadaan ini tentunya harus diperiksa oleh dokter agar mendapatkan pengobatan  tepat. Bila perlukaan cukup luas dan masih bernanah, sebaiknya Anda tidak menyusui.

Namun demikian, ASI tetap harus dikeluarkan agar tidak terjadi penumpukan ASI di dalam payudara. Penumpukan ini dapat menyebabkan pembengkakan dan sakit pada payudara, bahkan demam. Pengeluaran ASI juga perlu untuk menjamin produksi ASI yang langgeng. Dan Anda pun masih dapat menyusui kembali setelah infeksi sembuh.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya perlukaan pada puting, di antaranya adalah:

– Tempatkan gusi bayi pada areola (daerah berwarna lebih gelap di sekitar puting) sehingga seluruh puting berada di antara lidah dan langit-langit di dalam mulut bayi.

– Sebelum menyusui, tekan payudara dengan ibu jari dan telunjuk untuk mengeluarkan beberapa tetes ASI. Oleskan tetesan ASI tersebut pada seluruh permukaan puting dan areola payudara. Dengan begitu, puting dan areola tidak mudah lecet dan terhindar dari infeksi. Campuran ASI, air liur, dan produk cairan dari kelenjar montgomery yang ada di daerah areola bermanfaat mematikan mikroorganisme.

– Langkah yang sama sebaiknya juga dilakukan setelah menyusui.

Agar produksi ASI lancar, sebaiknya berlangsung seimbang. Misalnya, jika Anda lebih sering menyusui dengan payudara kanan, produksi ASI di payudara sebelah kiri bisa terhenti. Pasalnya, payudara kiri kurang rangsangan untuk memproduksi ASI. Proses menyusui sebaiknya berlangsung seimbang antara payudara kiri dan kanan sehingga keduanya sama-sama menerima rangsangan yang sama untuk memproduksi ASI.

Sumber :  VIVAnews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: