Posted by: Kurnia | April 23, 2009

Butuh Rp 17 Triliun Untuk Gratiskan Seluruh Biaya Rumah Sakit Kelas Tiga

Minggu, 12 April 2009 | 20:10 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Direktur Jenderal Pelayanan Medik Departemen Kesehatan Farid W. Husein memperkirakan kebutuhan anggaran untuk menggratiskan seluruh layanan rumah sakit kelas 3 di seluruh Indonesia, besarnya mencapai Rp 17,1 triliun.

“Itu estimasi kalau mau digratiskan semuanya,” ujarnya ketika dihubungi Tempo, Minggu (12/4). Hingga saat ini, baru dua propinsi yang menggratiskan layanan kesehatan kelas III di Rumah Sakit, yakni Sumatera Selatan dan Sulawesi Selatan. Namun baru Sulawesi Selatan yang mendapat bantuan Departemen.  “Kemarin kami membantu Rp 10 milyar untuk Sulawesi Selatan,” jelasnya. Dana ini diambil dari Dana Alokasi Khusus.

Bantuan diberikan karena pemerintah daerah Sulawesi Selatan berkomitmen untuk menggratiskan layanan kelas 3 dengan pendirian Rumah Sakit kelas III. “Terutama bagi warga di luar kuota Jaminan Kesehatan Masyarakat,” ujar Farid. Maka nantinya warga di Sulawesi baik yang kaya maupun miskin bebas layanan kelas III rumah sakit. Tercatat sudah seribu lebih macam pembiayaan yang digratiskan lewat layanan kelas III.

Komitmen layanan, ujar farid perlu ditegaskan dalam pendirian RUmah Sakit kelas III. Bukan berarti layanan kelas III yang dibantu Departemen, kualitasnya justru memperparah pasien. Maka Departemen memastikan layanannya harus layak. Bagi Sulawesi Selatan saja, Farid mencontohkan sudah 500 tempat tidur be-remote control yang diberikan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk Rumah Sakit kelas III yang tengah dibangun. “Ini juga akan berlaku sama, bagi rumah sakit lain yang punya keinginan sama.”

Namun, Farid menegaskan bantuan diberikan setelah disetujui anggarannya, dan tidak langsung cair. Sulawesi Selatan saja, ia menambahkan sudah meminta sejak 2008 maka tahun ini bisa cair.

Bagi tahun anggaran mendatang, Departemen belum menerima permintaan baru lagi mengenai pendirian rumah sakit gratis khusus kelas III.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: