Posted by: Kurnia | December 27, 2010

Pola Makan Sehat

Dikutip dari http://www.sehatgroup.web.id

Berikut ini lima strategi untuk meningkatkan nutrisi dan mendorong pola makan sehat :
1.    Jadwal makan keluarga yang teratur
2.    Sajikan sejumlah makanan dan cemilan sehat
3.    Jadi contoh makan yang baik
4.    Hindari pertengkaran seputar makanan
5.    Libatkan anak dalam proses makan
Beberapa cara yang mengintegrasikan kelima strategi ini dalam keseharian Anda:
Makan Keluarga
Makan keluarga adalah acara yang menyenangkan bagi anak dan orang tua. Anak menyukai makan keluarga yang teratur dan orang tua berkesempatan berinteraksi dengan anak. Anak yang ikut dalam makan keluarga yang teratur ternyata :
•    Lebih sering untuk makan sayur, buah dan serealia
•    Lebih jarang untuk mengkonsumsi cemilan dan makanan tidak sehat
•    Lebih jarang untuk merokok, minum alkohol atau mengisap ganja
Makan keluarga juga merupakan kesempatan untuk memperkenalkan makanan baru yang sehat kepada anak dan berperan sebagai tempat mencontohkan pola makan sehat.
Remaja dapat sulit untuk diajak makan bersama keluarga karena kesibukan dan keinginan mereka untuk mandiri. Namun penelitian menunjukkan bahwa remaja tetap menginginkan saran dan petunjuk dari orang tua, untuk itu gunakanlah waktu makan sebagai kesempatan berinteraksi. Anda dapat mempertimbangkan cara berikut :
•    Perkenankan remaja Anda untuk mengundang temannya untuk makan malam.
•    Libatkan remaja Anda dalam perencanaan dan persiapan makan
•    Jaga suasana makan tetap menyenangkan, tanpa perdebatan atau intruksi
Apa yang dihitung sebagai makan keluarga? Makan keluarga adalah saat Anda dan keluarga Anda makan bersama, baik dengan makanan luar atau buatan rumah. Sajikan makanan sehat dan waktu saat semua bisa berkumpul. Hal ini dapat berarti makan malam (atau sedikit lebih malam) untuk mengakomodasi anak yang sibuk. Dapat juga menyediakan waktu khusus pada akhir pekan seperti hari minggu siang.

Sediakan persediaan makanan sehat
Anak-anak, terutama anak kecil akan makan apa yang tersedia di rumah. Karena itu sangat penting untuk mengendalikan persediaan makanan untuk makan dan cemilan. Panduan yang dapat membantu :
•    Masukkan buah dan sayur dalam rutinitas, dengan sasaran sedikitnya 5 sajian sehari. Pastikan Anda menyajikan sayur dan buah di setiap makan.
•    Permudah anak untuk memilih cemilan sehat dengan menyediakan sayur dan buah siap saji. Cemilan lain bisa yogurt rendah lemak, selai kacang, biskuit gandum dan keju.
•    Sajikan daging tanpa lemak dan sumber protein sehat lainnya, seperti ikan, telur, kacang-kacangan dan biji-bijian.
•    Pilih serealia dan roti “whole-grain” untuk asupan serat anak
•    Batasi asupan lemak dengan menghindari makanan yang digoreng kering dan memilih cara memasak lain yang lebih sehat : merebus, mengukus, memanggang. Pilih produk susu yang rendah lemak atau tanpa lemak.
•    Batasi makanan siap saji dan cemilan rendah nutrisi seperti keripik, permen. Tetapi jangan batasi sama sekali. Buat makanan jenis ini sebagai makanan sesekali saja.
•    Batasi minuman dengan gula seperti soda dan minuman rasa buah. Lebih baik sajikan air putih dan susu rendah lemak.

Menjadi contoh
Anda makan dengan sehat adalah cara terbaik mendorong anak untuk pola makan sehat. Anak akan mengikuti orang dewasa yang mereka lihat setiap hari. Dengan makan sayur dan buah serta tidak makan makanan yang tidak bergizi maka Anda mengirimkan pesan yang benar.
Cara lain menjadi contoh yang baik adalah dengan makan sesuai porsinya. Bicarakan rasa kenyang Anda terutama pada anak kecil. Anda dapat mengatakan bahwa makanan ini lezat tetapi Anda sudah kenyang dan akan berhenti makan. Namun hati-hati, karena orang tua yang diet berlebihan atau mengeluh mengenai bentuk tubuh mereka dapat memberikan perasaan negatif yang sama pada anak-anak mereka. Untuk itu selalu berikan pendekatan yang positif mengenai makanan pada anak-anak.

Jangan bertengkar mengenai makanan
Mudah sekali untuk bertengkar seputar makanan.cara terbaik adalah memberikan anak sedikit kontrol tetapi mebatasi makanan yang tersedia di rumah sesuai pilihan orang tua dibandingkan membujuk anak dengan hadiah atau sogokan agar anak makan makanan yang kita inginkan.
Anak sebaiknya menentuka kapan mereka lapar, apa yang akan mereka makan dari makanan yang kita sajikan dan kapan mereka kenyang. Orang tua menentukan makanan ynag disajikan untuk anak baik saat makan atau cemilan. Panduan yang dapat dipertimbangkan :
•    Buat jadwal makan dan cemilan yang tetap.
•    Jangan paksa anak untuk membersihkan makanan di piringnya. Melakukan itu akan membuat anak tidak memperhatikan rasa kenyangnya
•    Jangan membujuk anak dengan hadiah makanan. Hindari menggunakan hidangan pencuci mulut sebagai hadiah bila anak Anda makan
•    Jangan gunakan makanan sebagai cara menunjukkan rasa sayang. Saat Anda ingin mengungkapkan rasa sayang maka berikan anak Anda pelukan, waktu Anda untuk bersamanya dan pujian.

Ikut sertakan anak
Banyak anak yang menikmati saat menentukan apa yang akan disajikan saat makan malam. Bicarakan dengan mereka mengenai rencana menu dan memilih makanan yang sehat dan seimbang. Beberapa mungkin ingin membantu membeli dan menyiapkan makanan. Saat di toko ajarkan anak untuk melihat label makanan agar mereka mulai mengerti apa yang harus dicari.
Di dapur, sesuaikan tugas sesuai kemampuan anak. Jangan lupa puji anak setelah tugasnya selesai.
Bekal ke sekolah juga dapat menjadi bahan pelajaran untuk anak. Jika Anda dapat membantu anak memikirkan mengenai makan siang mereka maka Anda dapat membantu anak menuju perubahan yang positif. Diskusikan mengenai makanan apa yang mereka inginkan atau ke toko untuk memilih makanan yang sehat (yang sudah jadi).
Hal lain yang sangat penting mengapa anak dilibatkan adalah hal ini akan mempersiapkan mereka untuk megambil keputusan mengenai makanan apa yang mereka inginkan. Tidak tiba-tiba mengharapkan anak menginginkan sayuran dibanding kentang goreng, tetapi kebiasaan makan sehat yang Anda bangun sekarang akan menghasilkan pilihan sehat sepanjang hidupnya.

Sumber : Healthy eating. (Mary L.Gavin, MD)

http://kidshealth.org/PageManager.jsp?dn=KidsHealth&lic=1&ps=107&cat_id=148&article_set=21635


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: