Posted by: Kurnia | December 27, 2010

Tips bagi Anak Picky Eater

Dikutip dari http://www.sehatgroup.web.id

 

Apakah batita Anda menolak makanan selain roti dengan selai kacang selama dua hari ini? Atau batita Anda hanya ingin bermain terus?
Masalah pemberian makanan merupakan hal yang serig  dihadapi keluarga, dan itu berarti Anda tidak sendiri. Anda bisa mempertimbangkan tips berikut ini untuk menghindari pertempuran di waktu makan dengan batita Anda:
1.    Hargai nafsu makan anak Anda. Anak kecil cenderung untuk makan saat mereka merasa lapar. Jika anak Anda tidak lapar maka jangan paksa untuk makan atau mengkonsumsi cemilan. Jangan lakukan paksaan atau bujukan untuk menghabiskan seluruh makanan di piringnya.
2.    Konsisten dengan jadwal. Sediakan makan dan cemilan pada waktu yang sama setiap harinya. Jus, susu, cemilan minimal satu jam sebelum makan. Jika anak Anda dalam keadaan lapar saat jam makan maka anak akan lebih termotivasi untuk makan.
3.    Sabar dengan makanan baru. Anak kecil seringkali memegang, mencium dan menggigit sedikit makanan baru kemudian menaruhnya kembali. Anak Anda mungkin juga memerlukan beberapa kali paparan dengan makanan baru sebelum anak merasakan gigitan pertamanya. Dorong anak Anda dengan membicarakan mengenai warna, bentuk, aroma dan tekstur makanan, bukan rasanya.
4.    Buat menjadi menyenangkan. Sajikan brokoli dan sayuran lain dengan saus favorit. Potong makanan menjadi berbagai bentuk dengan cetakan kue.
5.    Ajak anak untuk partisipasi. Saat berbelanja minta anak untuk membantu Anda memilih sayur, buah dan makanan sehat lainnya. Jangan beli apapun yang Anda tidak ingin anak Anda untuk memakannya. Saat di rumah, dorong anak untuk membantu Anda mencuci sayuran, mengaduk adonan, atau menyiapkan meja.
6.    Jadi contoh yang baik. Jika Anda makan berbagai macam makanan sehat maka anak Anda akan mengikutinya.
7.    Cerdik. Tambahkan potongan brokoli ke saus spageti, potongan buah pada sereal, campur potongan zuchini dan wortel ke dalam sup.
8.    Kurangi sumber-sumber yang dapat mengalihkan perhatian anak. Matikan televisi selama makan, dan jangan letakkan buku atau mainan di meja.
9.    Jangan tawarkan hidangan pencuci mulut sebagai hadiah. Menunda pencuci mulut akan mengirimkan pesan bahwa hidangan pencuci mulut adalah makanan yang terbaik. Anda dapat memilih satu atau dua malam dalam seminggu untuk khusus hidangan pencuci mulut dan kosongkan di hari lainnya atau sajikan pencuci mulut dalam buah, yogurt atau makanan sehat lainnya.
10.    Jangan turuti keinginan anak. Menyiapkan makanan terpisah untuk anak Anda setelah anak menolak makanan utama akan mendorong anak semakin pemilih dalam makan. Tetap sajikan anak Anda pilihan makanan sehat sampai anak terbiasa dan memiliki pola makan.

Ingat bahwa perilaku makan anak tidak akan berubah dalam satu malam, tetapi langkah sekecil apapun yang Anda ambil setiap hari akan membantu anak memiliki pola makan sehat sepanjang hidupnya.

Sumber : Children’s Nutrition: 10 tips for picky eater

http://www.mayoclinic.com/health/childrens-health/HQ01107/METHOD=print


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: