Posted by: Kurnia | December 30, 2010

Mumps / Gondongan

Batasan

Mumps (gondongan) adalah infeksi virus yang terutama menyerang kelenjar parotis – satu dari tiga pasang kelenjar liur. Kelenjar ini berada di bawah dan di depan telinga. Mumps dapat melibatkan salah satu atau kedua kelenjar parotis

Sebelum ditemukannya vaksin mumps pada tahun 1960-an, infeksi mumps sangat sering dijumpai. Setelah itu, angka kejadian mumps menurun drastis.

 

Etiologi (Penyebab)

Penyebab dari mumps adalah paramyxovirus. Virus ini ditemukan di air liur mulai sejak 6 hari sebelum timbulnya pembengkakan sampai dengan 9 hari setelah pembengkakan. Tingkat penularan paling tinggi pada periode 48 jam sebelum mulai pembengkakan.

Virus ini mudah menyebar dari satu orang ke orang lain melalui air liur yang terinfeksi. Seseorang dengan gangguan daya tahan tubuh dapat mudah terinfeksi dengan menghirup droplet (percikan) dahak orang yang terinfeksi yang keluar sewaktu bersin atau batuk. Mumps juga dapat menyebar melalui pemakaian alat atau peralatan makan bersama. Masa inkubasinya 14 – 25 hari (masa inkubasi adalah suatu periode sejak masuknya virus ke tubuh sampai awal timbulnya gejala klinis)

Mumps paling sering menyerang anak usia 6 – 8 tahun. Serangan mumps meski hanya satu sisi sekalipun akan menyebabkan yang bersangkutan mempunyai imunitas (kekebalan) seumur hidup terhadap mumps.

Gejala Klinis

Satu dari lima orang yang terinfeksi Mumps tidak menunjukkan keluhan atau gejala klinis. Gejala klinis dan keluhan biasanya muncul setelah 2 sampai 3 minggu setelah terinfeksi virus. Gejala yang dapat ditemukan adalah :

 

  • Bengkak,dan nyeri pada kelenjar ludah pada satu atau dua sisi wajah

 

  • Nyeri sewaktu mengunyah atau menelan

 

  • Demam

 

  • Lemah dan pegal – pegal

 

Gejala mumps yang paling mudah dikenali adalah pembengkakan kelenjar liur yang terlihat menonjol di pipi.

 

Penyakit mumps. dengan edema (pembengkakan)  leher dan di atas tulang dadaPenyakit mumps. dengan edema (pembengkakan) leher dan di atas tulang dada

 

Anak dengan submandibular lymphadenopathy dengan eritema dan edema yang disebabkan virus mumpsAnak dengan submandibular lymphadenopathy dengan eritema dan edema yang disebabkan virus mumps

 

Perempuan usia 8 thn. Perhatikan pembengkakan kemerahan dibawah sudut rahang bawah. Banyak anak dengan mumps tidak terlihat sakitPerempuan usia 8 thn. Perhatikan pembengkakan kemerahan dibawah sudut rahang bawah. Banyak anak dengan mumps tidak terlihat sakit

 

Anak laki, 6 th. Komplikasi orchitis (peradangan pada testis) lebih banyak ditemukan pada anak usia 15 s/d 29 tahunAnak laki, 6 th. Komplikasi orchitis (peradangan pada testis) lebih banyak ditemukan pada anak usia 15 s/d 29 tahun

Diagnosis Banding

Pembengkakan dari kelenjar liur dan demam dapat disebabkan juga oleh tonsillitis atau penyumbatan kelenjar liur. Virus lain juga dapat menyerang kelenjar parotis, menyebabkan gejala menyerupai mumps.

Komplikasi

Walaupun jarang ditemukan, komplikasi dari penyakit mumps dapat berakibat fatal, yaitu :

  • Orchitis, kondisi ini menimbulkan peradangan pada salah satu atau kedua testis. Kondisi ini menimbulkan rasa nyeri, tetapi jarang menimbulkan sterilitas (kemandulan).)
  • Pankreatitis, peradangan dari pankreas. Gejala dari kelainan ini adalah nyeri perut bagian atas, mual, dan muntah.
  • Ensefalitis. Infeksi virus, seperti mumps, dapat menyebabkan peradangan pada otak (ensefalitis). Ensefalitis dapat menimbulkan gangguan saraf yang dapat mengancam jiwa. Meskipun dapat berakibat fatal, kondisi ini sangat jarang ditemukan.
  • Meningitis. Meningitis adalah infeksi dan peradangan dari membran pembungkus dan cairan yang mengelilingi otak dan spinal cord (syaraf tulang belakang). Hal ini dapat terjadi apabila virus mumps masuk kedalam pembuluh darah dan menyebar ke susunan syaraf pusat. Sama dengan ensefalitis, meningitis juga sangat jarang ditemukan.
  • Peradangan dari Ovarium. Gejalanya adalah nyeri pada perut bagian bawah pada wanita. Kelainan ini tidak mempengaruhi tingkat kesuburan.
  • Penurunan pendengaran. Pada beberapa kasus, gondongan dapat menyebabkan penurunan pendengaran, biasanya berlangsung permanen (tidak bisa sembuh) dan dapat mengenai satu atau kedua telinga.
  • Keguguran. Terkena gondongan saat kehamilan, terutama trisemester awal dapat menimbulkan keguguran.

Pengobatan

Karena penyakit ini disebabkan oleh virus, pemberian antibiotik tidak diperlukan. Sebagaimana infeksi virus, imunitas akan menghilangkan virus yang ada dalam tubuh, namun hal ini memerlukan waktu. Biasanya, anak dan orang dewasa akan sembuh sempurna dalam waktu 2 minggu.

Pencegahan

Pada umumnya, seseorang dianggap kebal terhadap gondongan apabila pernah menderita gondongan atau telah mendapat vaksin.

Vaksin gondongan biasanya diberikan dalam bentuk vaksin kombinasi measles-mumps-rubella (MMR). Dosis dari vaksin MMR diberikan sebelum anak sekolah yaitu:

  • Dosis pertama antara usia 12 s/d 15 bulan
  • Dosis kedua antara usia 4 s/d 6 tahun
  • Bila imunisasi terlambat atau tidak sesuai jadwal di atas maka dapat diberikan catch-up immunization imunisasi MMR 2x dengan jarak minimal 28 hari dari pemberian dosis pertama

Dosis tunggal vaksin MMR dianggap tidak cukup untuk memberikan perlindungan sewaktu terjadi wabah. Karena rekomendasi pemberian dosis kedua baru dimulai pada akhir tahun 1990an, maka banyak yang lahir sebelum tahun tersebut belum mendapat vaksin MMR kedua dan harus segera dilakukan vaksinasi.

Dosis vaksinasi yang diberikan adalah 0,5 ml vaksin MMR diberikan secara S.C (subcutaneous). Penelitian membuktikan vaksin MMR dapat meningkatkan antibodi selama lebih dari 25 tahun pada lebih dari 95% orang yang mendapat vaksin sebanyak satu kali.

Sebagai orang dewasa, anda tidak memerlukan vaksin MMR jika :

  • Anda pernah mengalami ke3 penyakit ini
  • Anda telah mendapat dosis kedua MMR atau MMR satu kali ditambah vaksin campak satu kali
  • Anda yang sudah mendapat satu dosis MMR dan tidak berisiko tinggi terpapar campak

Sebagai orang dewasa, anda memerlukan vaksin MMR jika tidak termasuk kriteria di atas. Anda juga memerlukan satu dosis vaksinasi campak tambahan jika anda tidak termasuk :

  • Anda seorang mahasiswa, siswa pertukaran pelajar, atau pelajar diatas tingkat SMU
  • Anda bekerja di rumah sakit, atau di fasilitas kesehatan lain
  • Anda sering berpergian keluar negeri, atau anda penumpang kapal laut
  • Anda wanita dalam usia subur

Vaksin tidak boleh diberikan pada :

  • Wanita hamil atau berencana hamil dalam 4 minggu mendatang
  • Orang yang memiliki riwayat reaksi alergi berat terhadap gelatin atau antibiotik neomisin
  • Orang dengan imunokompromais berat, kecuali apabila dipertimbangkan manfaatnya melebihi risiko yang akan dihadapi
  • Jika anda memiliki riwayat kanker, gangguan darah, atau penyakit lain yang mempengaruhi daya tahan tubuh, bicarakan dengan dokter anda sebelum mendapatkan vaksin

Tatalaksana

Waktu dan istirahat merupakan pengobatan yang terbaik untuk infeksi virus mumps. Tidak banyak yang dapat dilakukan oleh dokter untuk mempercepat penyembuhan. Hal – hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman serta menjaga agar orang lain tidak tertular adalah :

  • Istirahat di tempat tidur sampai demam hilang
  • Hindari kontak dengan orang lain dan anak kecil untuk mencegah penyebaran. Seseorang dengan infeksi gondongan paling mudah menulari orang lain pada 5 hari pertama setelah timbulnya keluhan dan gejala
  • Minum asetaminofen (panadol, tynelol, dll) atau obat anti inflamasi non-steroid lain seperti ibuprofen (proris, advil, dll) untuk mengurangi keluhan. Aspirin tidak boleh digunakan pada anak – anak karena dapat menimbulkan sindrom Reye yang dapat berakibat fatal.
  • Gunakan kompres dingin untuk mengurangi nyeri akibat pembengkakan kelenjar
  • Gunakan penahan untuk mengurangi nyeri akibat pembengkakan testis
  • Hindari makanan yang harus banyak dikunyah. Makanlah makanan yang lembek atau berkuah seperti sup, kentang rebus, atau bubur gandum.
  • Hindari makanan yang asam seperti lemon atau buah – buahan, karena dapat meransang pengeluaran liur.
  • Banyak minum air

Hal yang paling penting adalah perhatikan adanya tanda – tanda komplikasi. Pada anak laki, awasi apabila terdapat demam dengan pembengkakan testis. Pada anak perempuan, nyeri pada perut dapat merupakan tanda – tanda keterlibatan ovarium. Nyeri perut pada anak laki dan perempuan bisa merupakan tanda pankreatitis. Apabila terdapat demam tinggi > 390 C, segera hubungi dokter.

alur mumps

 

 

 

Penyusun : dr. Mohamad Firas

Referensi

1. http://www.mayoclinic.com/health/mumps/DS00125/METHOD=print

2. http://aapredbook.aappublications.org/cgi/content/full/2003/1/3.80#SEC6

3. http://www.cdc.gov/vaccines/vpd-vac/mumps/in-short-adult.htm

4. http://www.michigan.gov/documents/mdch/4Mumps_Rev2008_231442_7.pdf

5. http://www.adultvaccination.org/mmr_vaccine_mumps_measles_rubella_adult_immunization.htm

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: