Posted by: Kurnia | March 31, 2011

Tips Melancarkan ASI

Asi eksklusif tanpa pendamping ASI disarankan untuk diberikan kepada bayi hingga berusia enam bulan. Tetapi tidak sedikit Bunda yang kecewa karena ternyata ASI tidak selancar seperti yang diharapkan.

 

Menjelang kehamilan, tubuh Bunda secara alami akan mempersiapkan diri untuk menyusui. Anda pun tidak perlu memberi perawatan ekstra. Namun jika kulit Bunda tergolong sensitif atau puting tidak bisa keluar dan tersembunyi dalam payudara, maka Bunda mau tak mau harus melakukan sesuatu agar si calon bayi tidak kesulitan meminum ASI dari payudara.

 

Berikut adalah tips yang dapat dilakukan Bunda agar ASI tetap lancar, sehingga kebutuhan bagi bayi dapat terus terpenuhi:

Perbanyak konsumsi sayur-sayuran hijau, seperti daun pepaya, bayam, dan kacang-kacangan. Daun katuk juga dipercaya dapat memperlancar ASI, bahkan saat ini sudah banyak tersedia tablet ekstrak daun katuk untuk mempermudah dalam mengkonsumsinya.

Minum susu untuk Ibu menyusui, karena Ibu menyusui memerlukan kalsium yang terkadung dalam susu untuk memproduksi ASI.

Jika Ibu sering menyusi bayi, maka akan merangsang keluarnya ASI. Untuk itu sampai bayi berusia 6 bulan sebaiknya terus berikan ASI.

Perbanyaklah minum air putih selama menyusui. Banyak minum air putih cukup membantu untuk memperbanyak ASI.

Beri pijatan lembut dan beberapa tetes kolustrum pada bagian puting setiap harinya. Mulailah beberapa minggu sebelum Anda melahirkan.

Berikan krim lanolin pada daerah di sekitar puting, lakukan beberapa kali setiap harinya untuk menenangkan daerah payudara yang terasa sakit dan melembutkan kulit setelah mulai menyusui.

Usahakan agar penutup bra yang Anda gunakan khusus menyusui (nursing bra) tetap terbuka agar payudara Anda mendapat udara dan oksigen yang cukup.

Jika Anda mempunyai masalah dengan puting yang masuk ke dalam payudara atau puting Anda tidak keluar menjelang melahirkan, konsultasikanlah dengan ahli laktasi.

Ikuti grup-grup menyusui menjelang kehamilan Anda untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang masa-masa menyusui atau pertanyaan-pertanyaan yang ingin Anda ajukan sebelum melahirkan.

Dapatkan buku yang bagus tentang menyusui dan bacalah menjelang kelahiran sehingga Anda akan mendapatkan informasi yang dibutuhkan ketika anak Anda lahir.

Dari berbagai sumber

Copy paste from http://www.sayyestoasi.com


Responses

  1. ini penting dipelajari bagi siapa saja yang baru melahirkan anak pertama


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: